logo

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Putussibau | Telusuri Informasi Perkara Anda Melalui SIPP Pengadilan Agama Putussibau | Jangan Beperkara Melalui Calo, Uruslah Sendiri Permohonan/ Gugatan Anda.

Pengadilan Agama Putussibau Optimis Terima Perkara Ecourt Di Semester Kedua Tahun 2019

Ditulis oleh Firdaus.

Ditulis oleh Firdaus. Dilihat: 53

ecourt

Layanan ecourt merupakan layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara online (e-filing), mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online (e-skum), pembayaran secara online (e-payment) dan pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik (e-summons). (PERMA 3/2018)

Peraturan Mahkamah Agung RI (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tetang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan merupakan cikal bakal lahirnya ecourt yang kemudian diperbarui dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik yaitu dengan penambahan layanan e-litigasi pada layanan ecourt yang diluncurkan pada hari jadi Mahkamah Agung RI ke-74 tanggal 19 Agustus 2019 lalu.

Meskipun demikian implementasi atas PERMA Nomor 1 Tahun 2019 baru dapat dinikmati secara menyeluruh pada 1 Januari 2020 nanti, untuk saat ini masih diujicobakan pada 13 pengadilan percontohan, diantaranya 6 Pengadilan Negeri, 4 Pengadilan Agama dan 3 Pengadilan Tata Usaha Negara.

Sejak diluncurkannya ecourt pada tanggal 13 Juli 2018 sampai dengan saat ini Pengadilan Agama Putussibau belum juga menerima perkara yang didaftarkan oleh pengguna terdaftar (advokat) melalui layanan ecourt.

Beberapa kondisi yang membuat belum diterimanya layanan ecourt di Pengadilan Agama Putussibau diantaranya adalah biaya beperkara di Pengadilan Agama Putussibau yang cenderung besar, maka jika ditambah lagi dengan menggunakan jasa advokat tentu akan menambah besar biaya yang dikeluarkan oleh pihak beperkara. Selain itu jenis perkara yang diajukan oleh pihak beperkara juga cenderung sederhana yaitu sebagian besar seputar perkara perceraian sehingga pihak beperkara lebih memilih menyelesaikan perkaranya dengan beracara sendiri (in-person) tanpa melalui jasa advokat.

Meskipun demikian Pengadilan Agama Putussibau telah mempersiapkan perangkat pendukung layanan ecourt baik berupa akses internet, software pendukung, maupun SDM yang akan memverifikasi data dukung yang diinput oleh pengguna nantinya. “Kapan pun pengguna yang akan beracara secara ecourt Pengadilan Agama Putussibau telah siap”, demikian tegas H. Abi Hurairah, S.Ag., Panitera PA Putussibau, dan beliau menambahkan bahwa optimis jika dalam semester kedua tahun 2019 Pengadilan Agama Putussibau akan menerima perkara ecourt. Pengadilan Agama Putussibau telah mensosialisasikan, namun pada akhirnya kembali kepada pihak pengguna layanan, demikian tambahnya. (fd)

Berita Terkait:

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA PUTUSSIBAU
Jalan D.I. Panjaitan Nomor 10
Kabupaten Kapuas Hulu
Kalimantan Barat
78711

  Peta 

  0567-21087

  0567-22004

  pa_putussibau[at]yahoo.co.id

 

Statistik Pengunjung

49269
Hari iniHari ini267
KemarinKemarin801
Minggu iniMinggu ini1276
Bulan iniBulan ini10680
JumlahJumlah49269
Statistik created: 2019-09-17T10:04:50+07:00
LoggedIn 0
Guests 9
Online
-