logo

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Putussibau | Telusuri Informasi Perkara Anda Melalui SIPP Pengadilan Agama Putussibau | Jangan Beperkara Melalui Calo, Uruslah Sendiri Permohonan/ Gugatan Anda.

Remaja Kapuas Hulu Antusias Menghadiri Sosialisasi Pengaruh Budaya Luar

Ditulis oleh H. Muhammad Novriandi.

Ditulis oleh H. Muhammad Novriandi. Dilihat: 110

sosialisasi budaya luar

Remaja se Kapuas Hulu dari berbagai sekolah dan organisasi kemasyarakatan antusias menghadiri, Sosialiasi “Dampak Pengaruh Budaya Luar Terhadap Generasi Muda Perbatasan Indoneia-Malaysia Wilayah Kabupaten Kapuas Hulu” yang diselenggarakan oleh Ikatan Pena Sosial Buaya (IP2SB) Kapuas Hulu pada hari Sabtu, 1 Desember 2018 di Pondok Arine Putussibau Selatan yang  berlansung semarak.

             Sosialisasi tersebut juga dihadiri Pengadilan Agama Putussibau yang diwakili oleh H. Muhammad Novriandi, S.H. sebagai tamu undangan.

            Ada tiga materi pada sosialisasi tersebut, yang pertama adalah tentang pengaruh narkoba, pengedaran obat-obat terlarang yang menyasar remaja Kapuas Hulu cukup meresahkan, baru-baru ini Polres Kapuas Hulu berhasil mengagalkan penyeludupan 31 Kg sabu-sabu yang dikirim dari Serawak Malaysia, Pengiriman tersebut melalui jalan- jalan tikus di perbatasan Indonesia-Malaysia, jalan-jalan tikus tersebut jumlahnya cukup banyak, yaitu berkisar 66 jalan. Polres Kapuas Hulu menghimbau peran aktif masyarakat khususnya para remaja untuk menghindari komsumsi obat-obatan terlarang dan melaporkan ke pihak berwajib jika ada pihak-pihak yang dicurigai mengedarkan obat-obatan terlarang.        

            Materi kedua adalah tentang pendidikan dan budaya. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kapuas Hulu, pengaruh budaya luar telah mempengaruhi tatanan dan tingkah laku masyarakat Kapuas Hulu Khususnya remaja kapuas hulu, degradasi moral seperti free sex telah terjadi di Kapuas Hulu namun jumlahnya tidak banyak, beliau mencontohkan siswi yang hamil di luar nikah sering putus sekolah akibat tidak tahan menanggung malu baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya, oleh karena itu beliau menghimbau agar remaja pandai-pandai menyaring budaya luar, ambil yang baik buang yang buruk.

            Materi ketiga adalah tentang pengaruh teknologi informasi yang dipaparkan pemateri dari kemenkoinfo. Data tahun 2017 sebanyak 300.000.000 (tiga ratus juta) penduduk Indonesia adalah pengguna Hanphone. Dari tiga ratus juta tersebut sebanyak 132.000.000 (tiga ratus tiga puluh dua juta) pengguna aktif internet dan tiga ratus tiga puluh dua juta tersebut atau sebanyak 40%nya pengguna sosial media dan 4.700.000 (empat juta tujuh ratus) penduduk Indonesia pengguna aktif media sosial dengan Smartphone.

            Kondisi tersebut telah banyak mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia khusunya remaja, beredarnya video-video dan foto-foto yang berisikan konten negatif bagi remaja telah mengakibatkan distorsi moral khususnya para remaja, bahkan banyak sekali beredar berita-berita hoax yang menimbulkan inkondusifitas pada masyarakat khususnya remaja, oleh karena itu remaja dihimbau harus smart dalam menggunakan smartphone.

Penulis : Bang Andi

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA PUTUSSIBAU
Jalan D.I. Panjaitan Nomor 10
Kabupaten Kapuas Hulu
Kalimantan Barat
78711

  Peta 

  0567-21087

  0567-22004

  pa_putussibau[at]yahoo.co.id

 

Tautan Aplikasi

Statistik Pengunjung

7480
Hari iniHari ini187
KemarinKemarin168
Minggu iniMinggu ini385
Bulan iniBulan ini3875
JumlahJumlah7480
Statistik created: 2019-05-22T02:43:41+07:00
LoggedIn 0
Guests 11
Online
-