logo

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Putussibau | Telusuri Informasi Perkara Anda Melalui SIPP Pengadilan Agama Putussibau | Jangan Beperkara Melalui Calo, Uruslah Sendiri Permohonan/ Gugatan Anda.

Ditulis oleh Desi Iskandar on . Dilihat: 76

UMAT ISLAM DALAM MENYIKAPI BERITA HOAX  MENJELANG PILPRES 2019

 

Kemajuan pesat teknologi dan komunikasi global berdampak pada kebebasan di media sosial secara online. Kebebasan tersebut sering kali digunakan untuk menebar fitnah, baik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Tak sedikit berita-berita bohong (hoax) digunakan untuk membentuk opini publik yang mengarah pada terjadinya kehebohan, ketidakpastian informasi, dan ketakutan yang kemudian menyebar melalui surat kabar, radio, televisi, dan internet. Penyebaran hoax pun dilakukan dengan berbagai alasan, seperti humor, pemasaran, seni, hiburan, aktivisme, pendidikan, dan lain sebagainya. Penyebaran hoax ini tak lepas dari dukungan media massa, baik cetak maupun elektronik.

Menjelang Pilpres 2019 akan diwarnai dengan perang isu negatif dan politik identitas. Perkembangan ini akan menguat dan bisa mempengaruhi sikap politik masyarakat.
Isu-isu aktual seperti kesenjangan ekonomi, tenaga kerja asing dan hutang negara yang dianggap besar akan berpengaruh terhadap elektabilitas. Persaingan kelompok politik di dalam masyarakat berujung pada dugaan intimidasi kerap menghiasi pesta demokrasi belakangan ini. Meski perbedaan sikap politik wajar, tetapi belakangan ini hal itu semakin meruncing. Masalah intimidasi karena gesekan politik bisa semakin berbahaya. Hal itu tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi, yang dianggap bisa menjadi sarana penyebaran gagasan yang saling bertentangan soal sikap politik, lantas bisa memicu kebencian.

Orang beriman selayaknya mengklarifikasi berita yang sampai. Islam  sebenarnya memiliki doktrin yang ketat untuk menghindari hoax. Lihat saja bagaimana para perawi hadis disanadkan. Mereka harus memenuhi syarat tertentu untuk disebut kredibel sebagai perawi. Sampai-sampai, jika perawi itu diketahui pernah berbohong meski di luar konteks hadis itu, hadisnya akan ditinggalkan. Begitu juga dengan perilakunya yang harus sesuai dengan sunah.

Allah SWT sampai-sampai menyuruh kepada kaum mukminin untuk meneliti dan mengonfirmasi berita yang datang kepadanya. Khususnya ketika berita itu datang dari orang fasik. "Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang fasik datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan (kecerobohan), kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian." (Al-Hujurat :6).

Politik adalah proses bukan akhir dari perjalanan. Di tengah proses yang penuh dnegan dinamika ini hendaknya kembali kepada Sunnah Rasul, yaitu tetap menghargai dan menghormati sesama muslim walaupun berbeda pilihan politik. Kita tidak bisa menyalahkan politik lawan kita karena keadaan yang sedang terjadi ditengah kita. Persoalan bangsa bukanlah disebabkan oleh satu atau dua orang. Ada penjelasan yang panjang untuk membahas kompleksitas/kerumitan persolan bangsa.

Ditengah perdebatan politik yang makin memanas, hendaknya kita kembali kesadaran awal kita bahwa kita hidup bertetangga dan bersaudara, jika diantara kita ada yang tertimpa musibah, yang pertama mengurus kita adalah tetangga dan saudara kita, bukan capres, tim suskes atau teman satu ormas dimana kita berkiprah. Jangan karena perbedaan politik, kebahagiaan akhirat pun harus digadaikan dengan ucapan makian, kebencian dan permusuhan diantara sesama muslim. Rasulullah SAW berkata : Mencela sesama muslim adalah kefasikan dan memeranginya adalah kekufuran (riwayat Al – Bukhari).

(by. DESI_ISKANDAR)

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA PUTUSSIBAU
Jalan D.I. Panjaitan Nomor 10
Kabupaten Kapuas Hulu
Kalimantan Barat
78711

  Peta 

  0567-21087

  0567-22004

  pa_putussibau[at]yahoo.co.id

 

Statistik Pengunjung

89836
Hari iniHari ini777
KemarinKemarin1431
Minggu iniMinggu ini1184
Bulan iniBulan ini27762
JumlahJumlah89836
Statistik created: 2019-10-21T18:04:57+07:00
LoggedIn 0
Guests 13
Online
-